4'C Dari sebuah berlian

07 September 2009

Untuk Menentukan nilai dari sebuah berlian, 4 unsur umum yang harus diperhatikan adalah:

1. Clarity atau kejernihan, ditentukan dari skala flawless sampai dengan imperfect. Besarnya, jumlahnya, letaknya, dan warnanya daripada cacat tersebut menentukan nilai kejernihan berlian, flawless sangatlah langka.

2. Color atau warna, menilai warna adalah dengan cara menetukan besarnya variasi warna dari sebuah berlian bila dibandingkan dengan berlian yang tak berwarna sama sekali ( colorless ). umunya berlianmempunyai warna yang bersemu kuning, coklat ataupun abu-abu. Terkecuali adalah berlian dengan warna fancy seperti biru, violet, merah dan hijau.

3. Cut ( irisan/potongan), termasuk dalam hal ini adalah proporsi dan gosokan dari sebuah berlian berbentuk bulat, oval, marquis dan lain-lain. Penilaian proporsi berdasarkan sudut-sudut yang tepat, ukuran meja dan culet, maupun keseluruhan simetris dari berlian tersebut. Penilaian gosokan didasarkan pada kecermatan dan ketelitian dari ahli gosok berlian.

4. Carat ( berat carat ) , satuan ukuran berat untuk berlian yang sama dengan 0.200 gram, untuk berlian dengan kualifikasi yang sama, semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS