Tanya Jawab Tentang Moissanite

07 September 2009

1. Apakah Moissanite itu ?
Moissanite, yang di kenal dengan nama kimia, silicon carbide (SiC),adalah mineral alam yang di temukan dalam jumlah yang sangat sedikit di bumi. Kelangkaan akan Moissanite alami ini membuat industri perhiasan tidak dapat menggunakannya sebagai bahan baku perhiasan.
Selama bertahun-tahun, para ilmuwan berusaha untuk menciptakan kembali material yang luar biasa cemerlang ini. Baru beberapa saat lalu, melalui kemampuan teknologi yang sudah maju, Charles & Colvard mengembangkan suatu cara untuk menghasilkan batu kristal besar di laboratorium, dengan kualitas batu permata yang dapat di asah sehingga mendekati colorless jewel yang sempurna dengan fire dan brilliance yang tak tertandingi. Moissanite adalah suatu ciptaan yang unik dan indah, hasil paduan seni dan teknologi.

2. Bagaimana moissanite mendapatkan namanya ?.
Moissanite alami di temukan pada tahun 1893 oleh ilmuwan Prancis Dr. Henri Moissan, yang kemudian meraih penghargaan Nobel. Dr Moissan mulai mempelajari bagian geologi dari batu meteor yang di ambil dari kawah meteor (Canyon Diablo) yang terletak di Arizona, USA. Di lokasi tersebut, beliau menemukan sejumlah kecil material yang sangat berkilauan.

Setelah penelitian panjang, Dr. Moissan menyimpulkan bahwa material ini adalah sebuah jenis mineral baru, silicon carbide. Di tahun 1905, ahli gem dan mineral dari Tiffany & Co, George Kunz menyarankan agar batu permata ini dinamakan moissanite.

3. Apakah Moissanite hasil alam atau buatan manusia ?.
Moissanite memang bermula dari alam, akan tetapi batu kristal ini sangat sedikit dan juga sangat jarang. Bahkan, sebenarnya sangat jarang sekali sehingga sulit untuk dapat menghasilkan sepasang anting solitaire Moissanite yang berasal dari mineral alam ini.

Saat ini, perhiasan indah Moissanite yang di ciptakan di Laboratorium dengan proses pemanasan ini sudah dapat di peroleh sebagai hak paten ekslusif oleh Charles & Colvard. Proses perkembangan ini sangat memegang peranan, penerapan teknologi yang canggih dan mahal – semua faktor-faktor yang menghalangi pembuatan Moissanite dari Charles & Colvard secara masal.

4. Mengapa Moissanite bisa lolos diamond tester ?.
Karena Moissanite mempunyai partikel Silicon Carbide yang serumpun dengan Carbon yang ada di Diamond, di mana adalah media yang dapat mentransfer panas, dan diamond tester adalah alat untuk mendeteksi panas. Hal inilah yang menyebabkan Moissanite lolos diamond tester.

5. Siapa yang membeli Moissanite ?.
Baik loose stone dan koleksi perhiasan Moissanite dari Charles & Colvard di pakai baik oleh pria dan wanita di seluruh dunia. Khususnya, para wanita, mereka lebih cenderung tertarik pada koleksi perhiasan dengan batu yang besar karena pancaran dan kecemerlangan Moissanite yang tidak tertandingi.

6. Di mana saya dapat membeli perhiasan Moissanite ?.
Koleksi perhiasan Moissanite dari Charles & Colvard dapat di beli langsung melalui jaringan retail perhiasan dan pusat perbelanjaan yang ada di jaringan Moissani. Untuk list toko perhiasan Moissanite, kunjungi boutique-boutique kami..

7. Apakah Moissanite dapat dijadikan investasi seperti diamond ?.
Berlian pada dasarnya hanya mengalami kenaikan harga sedikit (berdasarkan Rapaport) . Yang naik itu adalah USD bukan berlian. Secara investasi, berlian mempunyai potongan 20-30% pada saat jual kembali, sedangkan emas/tanah/USD tanpa potongan. Jadi untuk investasi sebaiknya 90% di emas/tanah /USD, 10% beli Moissanite.

8. Bagaimana layanan purna jual Moissanite ?
Dengan kualitas yang tanpa cacat, dan membawa invoice dan sertifikat asli Moissanite di Indonesia mempunyai layanan purna jual menerima kembali perhiasan/batu permata Moissanite dengan potongan harga sebesar 50% dari harga perhiasan itu sendiri.

9. Bagaimana cara perawatannya ?.
Meskipun Moissanite dari Charles & Colvard sangat keras, tahan lama, dan tahan dari goresan dan chipping, seperti semua gemstone dan permata lainya Moissanite juga dapat rusak/cacat. Rawatlah perhiasan Moissanite seperti anda merawat perhiasan lainnya, berhati-hatilah dalam menggunakan cincin dan gelang ketika mengerjakan pekerjaan tangan atau olahraga.

Perhiasan Moissanite dapat dibersihkan seperti membersihkan perhiasan lainnya menggunakan pembersih ultrasonic untuk perhiasan atau pembersih perhiasan biasa ( tidak menggandung asam).

10. Apakah Moissanite adalah merk dari berlian, buatan, atau tiruan berlian ?.
Tidak, Moissanite bukan merupakan pengganti dari berlian baik secara ilmu pengetahuan, kimia ataupun sensasi emosionalnya. Moissanite dari Charles & Colvard adalah perhiasan unik yang hampir tidak bercacat (secara kimia: SiC) yang mempunyai kedudukan sendiri dan juga mempunyai sinar dan pancaran yang luar biasa dibandingkan dengan perhiasan lain. Moissanite mempunyai nilai, kualitas dan cita rasa fashion yang di butuhkan semua wanita mandiri.

11. Bagaimana perbandingan Moissani dan berlian ?.
Moissanite dari Charles & Colvard akan tampak seperti berlian pada awalnya, akan tetapi, Moissanite adalah perhiasan unik yangmempunyai karakter fisik dan komposisi yang berbeda dari berlian.
Komposisi kimia berlian adalah carbon (C) dan mempunyai hubungan yang erat dengan cinta dan kisah romantis; Moissanite adalah nama mineral untuk silicon carbide (SiC) dan melambangkan kesempurnaan kebahagiaan atau hadiah untuk diri sendiri bagi para wanita yang hendak merayakan hal-hal pribadi dalam pekerjaan atau pencapaian-pencapaian.
Moissanite mempunyai sinar dan pancaran yang dapat dibandingkan dengan gemstone dan perhiasan lainnya, termasuk berlian. Lewat pembuktian nyata, Moissanite 2,5x lebih bersinar dari berlian.

12. Apakah Moissanite sama dengan Synthetic Diamond ?.
Tidak sama, karena pada dasarnya Synthetic Diamond adalah berlian setengah jadi yang proses terbentuknya di percepat melalui bantuan laboratorium. Sehingga partikel yang ada dalam Synthetic Diamond ini sama dengan partikel Carbon yang ada di Diamond ( C ) dan Moissanite mempunyai partikel (CiS). Hal ini juga menyebabkan harga Synthetic Diamond masih relative mahal, 70% dari harga Diamond.

13. Bagaimana perbandingan harga antara Moissanite dengan Diamond ?.
Harga Moissanite hanya 1/10 dari harga Diamond dengan kualitas yang setingkat. Diamond lebih mahal karena melalui proses yang membutuhkan banyak biaya, seperti pertambangan, dan untuk harga Diamond di kontrol oleh De Beers cartel.

14. Mengapa kualitas Moissanite melebihi Diamond ?.
Pada dasarnya partikel yang ada di Moissanite adalah partikel yang berasal dari meteor, dan memancarkan brilliance yang indah walaupun belum di cutting melalui proses laboratorium. Sedangkan Diamond awalnya adalah dari bongkahan kaca yang kemudian di cutting di laboratorium untuk mengeluarkan brilliance nya.

15. Bagaimana perbedaan antara Moissanite dengan CZ ?.
Moissanite dan cubic zirconia (atau CZ atau yang di kenal dengan American Diamond) sangat berbeda satu dengan yang lain. Walaupun keduanya hampir tak bercacat, kemiripan mereka hanya terbatas pada hal warna. Moissanite mempunyai struktur kimia yang lain dan unik yang secara kasat mata dapat dikenali dan membedakannya dari CZ.
Cubic Zirconium adalah buatan yang sudah di hasilkan di beberapa perusahaan, yang dipergunakan sebagai pengganti berlian yang dapat terjangkau atau dengan kata lain tiruan. Sebagai perbandi-ngan, Moissanite bukanlah tiruan berlian, tetapi lebih pada perhiasan unik, dan tidak seperti permata yang lain.
Untuk perbandingan, secara alamiah jumlah dari Moissanite alami adalah sangat jarang dan sedikit sehingga mereka tidak cocok untuk dijadikan perhiasan. Hanya satu perusahaan di dunia, Charles & Colvard, yang mempunyai hak paten dan teknologi untuk menghasilkan Moissanite untuk dapat digunakan sebagai perhiasan. Perhiasan unik ini dihasilkan dengan jumlah yang terbatas dan melewati kualitas kontrol yang ketat.

16. Apakah ada batasan yang jelas untuk menentukan kualitas produksi Moissanite ?.
Setiap butir Moissanite dari Charles & Colvard di produksi dengan spesifikasi dan metode control kualitas yang tinggi, dengan metode kontrol yang ketat. Setiap butir Moissanite di potong secara manual oleh ahli gemcutter dengan menggunakan facet unik dan sudut yang di rancang secara spesifik untuk menampilkan maximum fire and brilliance dari permata ini.
Sertifikat keaslian dari Charles & Colvard meyakinkan bahwa perhiasan Moissanite itu merupakan suatu produk yang asli dan dihasilkan dari laboratorium yang ditangani para ahli di bidangnya dengan peralatan teknologi terkini.

17. Apakah Moissanite tahan lama ?.
Daya tahan suatu batu permata ditentukan dari kekerasannya, atau dari ketahanannya akan goresan dan juga kekuatannya atau daya tahan akan chipping dan kepecahan. Moissanite dari Charles & Colvard sangat kuat akan goresan dan juga lebih keras dari sebagian batu alam seperti ruby, sapphire, emerald dan tanzanite. Kenyataannya, Moissanite adalah permata nomor 2 di bawah diamond dalam kekerasannya.
Moissanite tangguh dan sangat kuat dalam masalah ketahanan akan pecah dan chipping. Bahkan, bahwa Moissanite adalah salah satu dari batu permata yang terkuat yang di ketahui oleh manusia.

18. Dapatkan perhiasan Moissanite menangani perbaikan dan mere-size ?.
Moissanite dari Charles & Colvard terbuat dari bahan material yang stabil dan tahan terhadap panas. Tahan lama dan kuat, terlebih dalam menghadapi scratch, goresan, kepecahan, dan chipping. Sebagai tambahan, daya tahan Moissanite akan panas membuat semakin kecil kemungkinan timbulnya kerusakan akibat proses pemanasan dalam proses perbaikan perhiasan dan resizing.

19. Apakah perhiasan Moissanite bisa di set ulang menjadi perhiasan baru?.
Charles & Colvard adalah agen tunggal untuk sumber perhiasan Moissanite di dunia. Para distributor dan manufaktur ini mendesign dan menyediakan koleksi perhiasan Moissanite dari Charles & Colvard untuk perusahaan retail dan pusat perbelanjaan di seluruh dunia. Jika anda tertarik untuk me-re-set perhiasan Moissanite anda ke design baru, anda dapat memesannya melalui boutique-boutique kami.

20. Moissanite sudah ada di Negara mana dan bagaimana dengan kualitasnya ?.
Moissanite sampai saat ini sudah ada di beberapa Negara seperti : Amerika, Australia, Hongkong, India, Thailand, Philipina, Taiwan, Jepang, South Korea, Eropa, Singapura dan Indonesia. Untuk membuktikan keaslian Moissanite dan memberikan jaminan akan kualitasnya, Moissanite mempunyai sertifikat yang di terbitkan langsung dari Amerika yang memberikan jaminan life time warranty untuk setiap pancaran cahaya, warna dan kilauan dari Moissanite tidak akan berubah. (wry-sumber moissanite.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS