Menilai Berlian Bentuk Fancy (Fancy Shape)

07 September 2009

Dalam Menilai berlian bentuk Fancy, kriteria yang dipergunakan tidaklah seketat seperti dalam menilai berlian berlian bulat. ini disebabkan oleh banyaknya variasi bentuk dalam berlian Fancy. Tetapi tujuan utama dalam pembentukan berlian fancy tidaklah berubah seperti dalam membentuk berlian bulat. Yakni seorang Ahli gosok berlian akan mempertahankan kehilangan berat seminim mungkin dan akan memilih bentuk yang paling sesuai dengan bentuk berliankasarnya.
Walaupun dalam menilai bentuk berlian fancy sangat subyektif karena disebabkan kesenangan orang yang berbeda-beda, namun untuk memberikan kecemerlangan (brilliancy), kegemerlapan (scintillation), maupun pancaran sinar (fire) yang optimum, sehingga berlian fancy tetap harus mengikuti perhitungan secara matematic. Oleh karena itu perbandingan antara panjang dan lebar dapat mempengaruhi dalam penilaian berlian bentuk fancy.

CARA MENILAI BERLIAN BENTUK FANCY

A. ukuran dan Berat. Ukurlah panjang, lebar dan tinggi berlian. Hitung perbandingan antara panjang dan lebar, kemudian tibang beratnya.

B. Clarity, sama caranya seperti Anda menilai berlian Bulat ( mudah Bukan? )

C. Color, Dalam menilai warna untuk berlian bentuk fancy, perbedaan warna dapat terjadi pada posisi membujur dan melintang. Disarankan untuk menilai dari berbagai sudut. Lampu dan latar belakang yang juga sama untuk menilai berlian bulat.

D. Proportion
1. Prosentase lebar meja. Ukurlah lebar meja dan gunakan rumus berikut ini

% lebar meja = lebar meja/lebar berlian X 100%

2. Ketebalan Girdle. Gunakan cara yang sama seperti menilai berlian bulat. Tetapi jangan mengurangi nilai terlampau berlebihan dalam menilai ketebalan pinggang/girdle berlian bentuk hati terutama yang terletak pada bagian lekukannya.

3. Total Depth (prosentase tinggi). Untuk mendapatkan % tinggi total, bagilah tinggi berlian dengan lebarnya dalam satuam milimeter, bilamana total Depth kurang dari 55% atau lebih dari 65%, periksa dengan cermat apakah mungkin bagian pavilion terlampau rendah atau terlampau tinggi. Bentuk yang bagus adalah total Depth 55 - 65% dari lebarnya.

4. Culet. Pertimbangkan besarnya culet. Jika culet tampak kepanjangan dan jelek nilai dapat dikurangi.

5. Major Symmetry; kurangkan nilai untuk:
a, Meja atau culet yang jelas sekali miring
b. lingkar pinggang tak seimbang, tidak simetris atau miring sebelah
c. Meja tidak sejajar pinggang, atau pinggang yang bergelortimbang
d. Letak culet yang salah pada berlian bentuk pear dan hati (culet tidak seimbang dengan bentuk)

6. Bentuk Rupa. Telitilah daya tarik dan keindahan bentuk berlian dengan muka menghadap ke atas. Pertimbangkan pundak yang tinggi, atau lebar yang bersayap datar (terutama berlian bentuk hati dan pear ).

7. Perbandingan panjang dengan lebar. Kurangi nilai berlian jika terlampau panjang atau terlampau pendek. gunakan tabel dibawah ini sebagai pedoman.

Bentuk
Perbandingan Panjang dan Lebar
Pengurangan Nilai
PearKurang dari 1.25 : 110 %

1.25 : 15 %

1.50 : 1 s/d 1.75 : 10 %

2,0 : 15 %

lebih dari 2,0 : 110 %



Marquise1.25 : 110 %

1.5 : 15 %

1.75 : 1 s/d 2.25 : 10 %

2.5 : 15 %

3 : 110 %



Emerald / OvalKurang dari 1.25 : 110 %

1.25 : 15 %

1.5 :1 s/d 1.75 : 10 %

2.0 : 15 %

lebih dari 2.25 : 110 %



Hati1 : 1 s/d 1.25 : 10 %

lebih dari 1.25 : 15 %
E. Finish
A. Polish : penilaian serupa seperti pada berlian bulat
B. Minor symmetry : penilaian serupa seperti pada penilaian berlian bulat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS