Intan Terbesar Ditemukan

07 September 2009

Intan Terbesar Ditemukan

BANJAR-Sejak ditemukannya intan Trisakti 166,75 karat di lokasi penambangan Pumpung Cempaka pada 1965, di tanah Banjar lak lagi terdengar penemuan galuh yang sebanding. Kini, tepatnya 1 Januari 2008, sembilan penambang pimpinan H Israniansyah memecahkan rekor tersebut.

Masya Allah, intan seberat hampir 200 karat berhasil ditemukan kelompok penambang tersebut. Tepatnya di lokasi penambangan intan Desa Antaraku, Kecamatan Pengaron. Batu mulia yang dinamai Putri Malu itu sementara ditaksir sebagai yang terbesar di Asia dan mungkin yang terbesar di dunia.

Kemarin (12/1), Israniansyah pun menepati janji untuk memperlihatkan si Putri Malu tersebut kepada Bupati Banjar Khairul Saleh. Didampingi Camat Pengaron Wasis H. dan kedua keponakannya, Ismaini dan Muhyar, intan tersebut dibawa ke kediaman bupati.

Sayangnya, Tuhan berkehendak lain. Selang 10 menit berlalu, Khairul harus bertolak ke Jakarta hingga rombongan Isra tidak bisa bertemu bupati.

Dibandingkan intan Trisakti yang ditemukan pada 26 Agustus 1965 pukul 12.15 Wita, bentuk intan Putri Malu berbeda. Jika Trisakti berbentuk bulat lonjong berwarna ungu terkadang berubah menjadi merah jambu, Putri Malu berbentuk bulat dengan permukaan tidak rata, namun licin dan berkilau.

Warnanya persis pentol bakso, kecokelat-cokelatan. Jika dipegang, terasa berat seperti sedang memegang besi. "Sampai, saat ini airnya masih misterius. Apakah keras atau lunak. Namun, sudah dipastikan bahwa temuan kami itu adalah intan," tegas Isra.

Dia menyatakan, intan tersebut tidak akan dijual dalam waktu dekat. Sementara disimpan dulu sampai minimal diketahui kualitas air intannya.

Demikian pula dengan harga yang dikehendaki. Sejauh ini belum ada patokan harga yang mereka pasang. Soal harga memang bergantung pada kualitas intan itu. Walaupun berukuran kecil, jika kualitasnya bagus, harga pun jauh lebih tinggi dibandingkan intan besar, namun berkualitas rendah.

Tambang-tambang intan yang terkenal di dunia antara lain di Kimberley Afrika Selatan. Kemudian menyusul Rusia dan Amerika Selatan.

Intan-Intan terkenal di dunia antara lain :

1. Culinan
Ditemukan pada tahun 1905. Besarnya sebelum digosok 3.106 carat. Setelah di gosok menjadi

  • Culinan I dengan besar 530,2 carat
  • Culianan II dengan besar 312.40 carat

2. Excelsior
Ditemukan di Afrika Selatan tahun 1893, besar sebelum digosok 995,20 carat.

3. Great Mogul
Ditemukan di India. Besarnya 793 carat. Warna kebiru-biruan.

4. Koh-i-nur
Besar setelah digosok 186 carat dan setelah digosok untuk kedua kalinya menjadi 108.93 carat. Banyak orang yang telah memiliki Intan ini antara lain:

  • Raja Malwa dari India pada tahun 1304
  • Raja Mogul
  • Nadirsyah dari Persia
  • Kerajaan Inggris sampai sekarang

5. Regent
Besarnya 410 carat. ditemukan di India pada tahun 1701. Intan ini juga sering berpindah tangan dari orang-orang penting dunia seperti :

  • Dipasang pada mahkota Louis XV pada tahun 1772
  • Dipasang pada tangkai pedang Napoleon Kaisar dari Perancis.
  • Dibawa Istri Napoleon Maria Louis dan dipasang pada mahkota kerajaan perancis.

Intan terkenal di Indonesia

1. Tri Sakti
ditemukan di Cempaka Martapura pada tahun 1965. besarnya 166,72 carat setelah digosok. penggosokan dilakukan di Amsterdam.
2. Galuh Badu.
Ditemukan di bati-bati Tanah laut ( Kalsel) pada tahun 1967, besarnya 26,5 carat.

3. Galuh Cempaka.
Ditemukan di Cempaka tahun 1969. Besarnya 29.75 carat.

4. Galuh Bulan.
Ditemukan di Cempaka tahun 1969, besarnya 27,50 karat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS