TIPS BISNIS BERLIAN

07 September 2009

Dari berjuta juta batu permata berlian adalah yang paling mahal dan tentunya hal ini merupakan suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan kita tahu kenapa suatu benda bisa berharga mahal? yaitu karena disebabkan jumlah yang tersedia sedikit sedangkan permintaan pasar begitu banyak.Kenapa permintaan pasar begitu banyak? hal ini disebabkan karena keindahan dari suatu berlian dan sifat berlian yang abadi artinya berlian bisa tahan lama, tahan dari goresan benda lain karena memang berlian adalah benda terkeras. Dewasa ini berlian merupakan suatu permata yang dapat memberikan percaya diri yang amat besar bagi pemakainya, orang berduit biasanya kalau mau bertunangan menggunakan cincin bermata berlian. Bagaimana Memulai Bisnis berlian?
Untuk memulai bisnis berlian yang paling pertama dan paling utama adalah mengenal berlian. Mengenal berlian dalam artian bagaimana kita bisa membedakan berlian yang asli dengan permata lainnya, seperti Zircon, kecubung, Safir dan lain-lain. Mengenali keaslian berlian adalah suatu yang amat mutlak bila kita ingin berbisnis berlian. Bagaimana membedakan berlian asli dengan batu permata lainnya? ini merupakan bukan hal yang sulit, bagi seorang yang ahli tentunya hal ini amat mudah, melihat sekilas saja akan tahu yang mana berlian dan yang mana zircon. Untuk pemula untuk mengenal berlian adalah dengan menggunakan alat yang bernama Diamond selector atau diamond tester alat ini banyak dijual di Daerah sawah besar atau daerah pinangsia Jakarta (atau bisa menghubungi admin). Harganya pun relatif murah dari mulai harga 1.5 juta kita bisa memiliki alat tersebut. cara penggunaan bisa dilihat di brosurnya. Cara yang kedua adalah dengan membeli Jarum Uji berlian, alat ini adalah alat yang paling akurat dalam menguji keaslian berlian, kita tinggal menggoreskan pada batu permata, kalau permata tidak tergores maka sudah pasti permata tersebut adalah berlian.


tester berlian

Salah satu alat pengetes berlian

Setelah kita bisa membedakan berlian asli dan yang bukan tiruan, selanjutanya kita baru belajar bagaimana cara menilai kualitas berlian. Menilai kualitas berlian bukanlah hal yang amat sulit juga. Sekarang sudah banyak situs yang membahas masalah berlian, salah satunya adalah www.intanberlian.com, kalau anda rajin rajin membuka situs ini dijamin anda akan jadi ahli berlian. untuk bisa menilai kualitas berlian kita hanya cukup belajar 4C. (mudah bukan? kalau belajar analis kredit kita belajar 6C). Cukup belajar 4C kita akan jadi seorang Ahli berlian. 4C tersebut adalah:
1. Color atau warna
2. Clarity atau kejernihan, kejernihan dari cacat atau inklusi atau bercak2 yang bisa mengurangi kejernihan suatu berlian
3. Cut , menyangkut proporsi dari sudut dan paset kaca-kaca gosokan.
3. Carat, carat adalah ukuran berat dari berlian,disini kita akan belajar cara mengukur berat berlian.

Dan langkah yang ketiga adalah mengetahui harga pasar berlian. Harga pasar berlian sangatlah relatif, kenapa demikian? karena memang belum ada badan dunia yang menjamin harga berlian layaknya harga emas, di Amerika harga berlian hanya di control oleh lembaga kecil yang bernama De Beers cartel. Namun kita harus punya patokan atau ancar-ancar mengenai harga berlian. kita bisa mencari harga pasar ke tempat tempat berkumpulnya para pedagang berlian( bukan harga toko)

Langkah terakhir adalah Jangan pernah menipu pelanggan, anggap pelanggan adalah raja ingat pepatah lidah lebih tajam dari pedang maksudnya pelanggan yang merasa dirugikan sudah pasti akan memberitahukan teman-temannya yang lain, bahkan bisa juga menulis di media masa akan kecurangan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS