Gadai Emas Syariah

01 September 2009

Gadai Emas syariah adalah penggadaian atau penyerahan hak penguasaan secara fisik atas harta/barang berharga ( berupa emas ) dari nasabah ( arrahin )kepada Bank ( al-murtahin) untuk dikelola dengan prinsip ar-Rahnu yaitu sebagai jaminan (al-Marhun) atas peminjam (al-marhunbih) yang diberikan kepada nasabah/peminjaman tersebut. (hartono).

Ar- Rahnu merupakan akad penyerahan barang dari nasabah kepada bank/pegadaian sebagai jaminan sebagian atau seluruhnya atas hutang yang dimiliki nasabah. Transaksi di atas merupakan kombinasi/penggabungan dari beberapa transaksi atau akad yang merupakan satu rangkaian yang tidak terpisahkan meliputi:
a. pemberian pinjaman dengan menggunakan transaksi/akad Qardh
b. Penitipan barang jaminan berdasarkan transaksai/akad Rahn
c. Penetapan sewa tempat khasanah (tempat penyimpanan barang) atas penitipan tersebut diatas melalui transaksi/akad ijaroh.
Syarat
a. Para fihak yang terlibat harus cakap bertindak hukum (mukallaf) berdasarkan lafal ijab dan kabul (sighat) yang jelas.
b. harta yang dijadikan agunan (al-marhun) mempunyai nilai jual yang baik sehingga dapat mencukupi pelunasan, milik syah nasabah.
c. utang merupakan hak yang wajib dikembalikan yang jelas dan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS