Tips Mengenal berlian

07 September 2009

Bagaimana cara mengenal sebuah permata adalah berlian?

Teknik untuk mengetahui apakah suatu permata adalah berlian sangatlah mudah bagi seorang ahli berlian.Andapun bisa mengenal berlian dengan cepat setelah membaca tips ini. Ada dua cara untuk mengenali sebuah permata adalah berlan yaitu pemeriksaan dengan mata dan pemeriksaan dengan alat bantu.

Pemeriksaan dengan mata
1. Melihat Suatu benda dari atas Tafel (bagian atas berlian )
Karena adanya pemantulan sinar yang kuat pada berlian (pengaruh ndeks bias), maka berlian akan memiliki kilau yang kuat sehingga tidak mungkin bagi kita untuk melihat, suatu benda dari atas tafelnya.

2. Karena Indeks bias yang besar maka berlian tidak tembus pandang, letakan koran dibawah berlian dan lihat tulisannya dari atas berlian, jika tulisan terlihat sudah pasti permata tersebut bukanlah berlian asli. sangat mudah bukan?

3. Uji miring, indeks bias berlian sangat besar sehingga memungkinkan dilakukan pemerksaan dengan cara yang sederhana yaitu dengan cara memegang berlian tersebut dengan cara mendatar, kemudian dimiringkan maka berlian akan berkilau. tetapi jika setelah kita miringkan ternyata sinar yang keluar kosong maka itu berarti bukan berlian asli.

4. Berlian merupakan Penghantar Panas yang tinggi
Intan mempunyai daya hantar panas yang tinggi dari benda benda lainnya, oleh karena itu intan lebih cepat mengkuti temperatur sekelilingnya. Untuk itu apabila dipegang maka intan akan terasa dingin dan kemudian cepat panas setelah dipegang terus menerus.

Pemeriksaan Dengan Alat

1. Pemeriksaan dengan Jarum uji berlian. Jarum uji berlian terbuat dari besi yang ujungnya merupakan berlian asli. Goreslah permata yang akan diuji dengan jarum uji tersebut berlahan-lahan kemudian lihat apakah permata tersebut tergores? jika tergores berarti permata tersebut bukan berlian.
2. Pemeriksaan dengan Diamond tester
sekarang banyak dijual diamond tester, alat ini mudah didapatkan di toko namun demikian hati-hati dengan synthetic Moissanite karena alat ini tidak bisa membedakan antara diamond asli dengan sinthetic moissanite. Selamat mencoba, sukses untuk anda.

Pemeriksaan Berat jenis
Jika ada permata yang ukurannya besar maka akan dengan mudah dicari berat jenisnya. Timbang permata tersebut diatas tmbangan, kemudian timbang dalam air maka akan diketahu berat jenisnya

Berat Jenis = Berat Permata/Volume Permata =3.52 maka permata tersebut berlian asli.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 



 
Copyright © PIRAMIDA EMAS